SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD NEGERI No.
10 Pasaran I
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Katolik
Standar Kompetensi : Yesus Kristus dan Gereja
2. Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian
Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut
Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidu-pan masyarakat sesuai dengan
kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkan-nya dalam kehidupan mereka
sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
2.1 Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya
untuk menyelamatkan umat manusia melalui para nabi
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
·
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan,
·
mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
|
Nabi Elia
|
Menjelaskan pesan Nabi Elia, dalam
sejarah keselamatan
|
·
Menceritakan kembali kisah tentang
perbuatan seseorang atau sekolompok orang yang melakukan perbuatan yang
kelihatannya enak tetapi menyesatkan dan merugikan dirinya sendiri dan orang
lain
·
Menjelaskan cara-cara Nabi Elia
mengingatkan dan meyakinkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah (1
Raja 18: 20 - 46)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah kembali kisah tentang
perbuatan seseorang atau se-kolompok orang yang melakukan perbuatan yang
kelihatan-nya enak tetapi menyesat-kan dan merugikan dirinya sendiri dan
orang lain
·
Jelas-kan cara-cara Nabi Elia
mengingatkan dan meyakin-kan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah (1
Raja 18: 20 - 46)..?
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
Nabi Yesaya
|
Menjelaskan peran nabi Yesaya dalam sejarah keselamatan
|
·
Menceritakan kembali kisah kehidupan
seorang ibu yang baik selalu berdoa bagi keselamatan anaknya yang sering
menyakiti hatinya
·
Menyebutkan nubuat nabi Yesaya yang
menyatakan bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya dan akan mengirim Juru
Selamat (Yes 10: 24-27a; 11: 1-10; 40: 1-5, 8 - 13)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah kembali kisah kehidupan
seorang ibu yang baik selalu berdoa bagi keselamatan anaknya yang sering
menyakiti hatinya
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
Nabi Amos
|
Menjelaskan peran nabi Amos dalam
sejarah keselamatan
|
·
Mengungkapkan pendapat tentang akibat
keseraka-han yang dilaku-kan oleh sementa-ra orang di keluarga, atau
masyarakat sekitarnya
·
Menyebutkan situasi masyarakat pada jaman
Nabi Amos (Am 1-6)
·
Menjelaskan tugas-tugas Nabi Amos, yang
adalah memberi peringatan kepada bangsa Israel dan menyampaikan janji
keselamatan dari Allah (Am 1-6)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan situasi masyarakat pada jaman
Nabi Amos !
·
Jelaskan –lah tugas-tugas Nabi Amos, yang
adalah memberi peringatan kepada bangsa Israel dan menyampaikan janji
keselamatan dari Allah !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
2.2 Memahami
bahwa Allah membimbing bangsa Israel pulang dari pembuangan dan kerinduan bangsa Israel akan kedatangan seorang
Mesias
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
·
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
|
Bangsa Israel pulang dari
pembuangan
|
Menjelaskan tentang tindakan Allah
menyelamatkan bangsa Israel
|
·
Mengungkapkan pengalaman berbuat salah
terhadap orangtuanya dan upayanya untuk memperbaiki hubungan dengan
orangtuanya yang retak akibat dari kesalahannya
·
Menceritakan tindakan Allah yang berbelas
kasih kepada bangsa Israel sebagaimana dikisahkan dalam Ezr 1: 1 - 11; 3: 1-
7; 6:13 -22
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah tinda-kan Allah yang berbelas kasih kepada
bangsa Israel !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
Umat Israel merindukan Mesias
|
Menjelaskan kerinduan bangsa Israel
atas kedatangan Seorang Mesias yang menyelamatkan mereka
|
·
Menceritakan kembali kisah atau
peristiwa-peristiwa yang dialami seseorang yang disandera, yang merindukan
pertolongan orang lain untuk membebaskan dirinya
·
Menceritakan kerinduan bangsa Israel akan
kegembiraan yang diperolehnya ketika Mesias datang membebaskannya (Yes 35:
1-10)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah kerinduan bangsa Israel
akan kegembiraan yang diperolehnya ketika Mesias datang membebaskannya !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
2.3 Memahami
dan menyadari kesetiaan Allah akan janji penyelamatan
melalui Gereja-Nya
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
·
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
|
Gereja perdana
|
Menjelaskan tentang Gereja Perdana
dan mewujudkan dalam kehidupannya
|
·
Menceritakan pengala-man bekerjasama
dalam kelompok
·
Menyebutkan ciri-ciri kehidupan Gereja
Perdana sebagaimana digambarkan dalam Kis 2: 41-47
·
Mewujudkan solidaritas sesama teman
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan-lah ciri-ciri kehidupan Gereja
Perdana !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
St. Petrus pemersatu Gereja
|
Menjelaskan peran St. Petrus dalam
mempersatukan umat/ Gereja
|
·
Menceritakan kembali kisah tentang usaha
perdamaian yang dilakukan untuk
mengatasi konflik antar kelompok, daerah, atau negara
·
Menyebutkan penyebab konflik sebagaimana
dikisahkan dalam Kis 15: 1-12
·
Menceritakan kembali isi pidato Petrus di
dalam sidang di Yerusalem untuk mengatasi konflik (Kis 15: 1-12)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah kembali kisah tentang usaha
perdamaian yang dilakukan untuk
mengatasi konflik antar kelompok, daerah, atau negara !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
||
|
|
|
St. Paulus Rasul bangsa-bangsa
|
Menjelaskan peran Rasul Paulus
sebagai Rasul bangsa-bangsa
|
·
Menceritakan kisah pertobatan dan
perutusan Santo Paulus sebagai-mana dikisahkan dalam Kis 9: 1-19a
·
Menyebutkan daerah-daerah yang dikunjungi
Santo Paulus
·
Membuat peta perjalanan Santo Paulus
·
Menyebutkan pokok-pokok pewartaan Santo
Paulus
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Ceritakan-lah kisah pertobatan dan
perutusan Santo Paulus !
·
Sebutkan-lah daerah-daerah yang
dikunjungi Santo Paulus !
·
Buatlah
peta perjalanan Santo Paulus !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
2.4 Memahami dan menyadari bahwa gereja adalah persekutuan umat beriman yang dijiwai oleh Roh Kudus
melaksanakan tugas perutusan Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
· Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama
lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Gereja sebagai persekutuan
|
Menjelaskan makna dan hakikat
Gereja sebagai persekutuan umat Allah
|
·
Menyebutkan bagian-bagian tubuh dan
anggota-anggota badan manusia serta fungsinya masing-masing dan
membandingkannya dengan bagian-bagian dan fungsi bagianbagian dalam suatu
kelompok masyarakat yang terorganisasi
·
Menjelaskan bahwa gereja digambarkan oleh
Santo Paulus sebagai Tubuh Kristus (1 Kor 12: 12-31)
·
Menyebutkan adanya kelompok-kelompok
dalam gereja yang meliputi awam, kelompok/berkaul dan tertahbis
·
Menjelaskan tugas masing-masing
kelompok:
– Awam (KHK 225 dan LG art 32.4)
– Rohaniwan dan biarawan (KHK 573 dan LG
art 44)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda, benar-salah,
menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Jelaskan-lah bahwa gereja digambarkan
oleh Santo Paulus sebagai Tubuh Kristus !
·
Sebutkan-lah adanya kelompok-kelompok
dalam gereja yang meliputi awam, kelompok/berkaul dan tertahbis !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
Tiga tugas Gereja
|
Menjelaskan tiga tugas utama Gereja
|
·
Menyebutkan
tiga tugas Gereja yaitu mewartakan, menguduskan dan menggembalakan
·
Menjelaskan mengenai tugas pewartaan
sebagaimana termaktub dalam Mat 28: 16-20
·
Menjelaskan mengenai tugas menguduskan
melalui pelayanan sakramen-sakramen sebagaimana termaktub dalam Luk 22: 14-23
·
Menjelaskan tugas Gereja menggembalakan
dan melayani sebagai-mana digambarkan dalam kisah Yesus membasuh kaki
murid-murid-Nya (Yoh 13: 1-17)
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Jelaskan-lah mengenai tugas pewartaan!
·
Jelaskan-lah mengenai tugas menguduskan melalui
pelayanan sakramen-sakramen!
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
Maria Bunda Gereja
|
Menjelaskan peran Maria sebagai
Bunda Gereja dan Meneladani sikap Bunda Maria
dalam hidup sehari-hari
|
·
Menuliskan hal-hal yang dilakukan ibu
terhadap anak
·
Menyebutkan perkataan Yesus kepada Maria
dan para murid menjelang wafatNya di salib (Yoh 19: 26-27)
·
Menceritakan apa yang dilakukan
murid-murid Yesus bersama Ibu Yesus (Kis 1: 12-14)
·
Menyebutkan kewajiban kita kepada Maria
sebagai Ibu Gereja (menghormati dan memuji melalui Doa Salam Maria, Doa
Rosario, berdoa dalam ziarah)
·
Memperagakan cara berdoa Rosario
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan –lah perkataan Yesus kepada
Maria dan para murid menjelang wafatNya di salib !
·
Sebutkan kewajiban kita kepada Maria
sebagai Ibu Gereja (menghormati dan memuji melalui Doa Salam Maria, Doa
Rosario, berdoa dalam ziarah) !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
2.5 Memahami
dan menyadari bahwa Gereja sebagai persekutuan yang melaksanakan
tugas perutusan Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah agar umat manusia
memperoleh hidup kekal dalam Kerajaan Surga dan membantu umat manusia bebas
dari kematian dalam neraka
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
·
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
|
Surga
|
Menjelaskan makna dan hakikat surga
dalam hidup iman Kristiani
|
·
Mengungkapkan pengalamannya yang
membahagiakan dirinya dan orang lain yang hidup menurut kehendak Allah
·
Menjelaskan bahwa surga adalah kebahagia-an
manusia dan kesatuannya dengan Allah (Luk 8: 4 - 15)
·
Menyebutkan contoh tindakan konkret
sehari-hari dalam menciptakan kebahagiaan sesuai dengan kehendak Allah
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Jelaskan-lah bahwa surga adalah
kebahagia-an manusia dan kesatuannya dengan Allah !
·
Sebutkan-lah contoh tindakan konkret
sehari-hari dalam mencipta-kan kebahagiaan sesuai dengan kehendak Allah !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
Neraka
|
Menjelaskan makna dan hakikat
neraka dalam hidup iman Kristiani
|
·
Menceritakan pengalaman perbuatan yang
tidak membahagiakan terhadap sesama dan perasaannya setelah melakukan
perbuatan itu
·
Menjelaskan bahwa orang yang tidak
mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Allah akan mengalami kesedihan (Mat 25: 1-13)
·
Menyebutkan contoh tindakan-tindakan yang
menjauhkan diri dari Allah
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Jelaskan bahwa orang yang tidak
mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Allah akan mengalami kesedihan!
·
Sebutkan contoh tindakan-tindakan yang menjauhkan
diri dari Allah!
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
||
2.6 Memahami
dan menyadari arti hati nurani dan hidup murni serta mampu hidup dalam doa
sebagai ungkapan iman, harapan dan kasihnya sebagaimana diwartakan Kristus
melalui Gereja-Nya
|
·
Religious
·
Jujur
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/ komunikatif
|
·
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
·
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
|
Hati Nurani
|
Menjelaskan arti dan peranan suara
hati atau hati nurani dalam hidupnya
|
·
Menceritakan pengalaman ketika harus
mengambil keputusan yang sulit dengan mempertimbangkan banyak kepentingan
·
Menjelaskan pengertian hati nurani
sebagai dorongan dari Allah yang mengatakan “Lakukanlah ini” dan”“Jangan
lakukan itu”, buahnya, “melakukan ini” dan”“tidak melakukan itu” (GS 16, Luk
22: 54-62)
·
Memberi contoh usaha-usaha yang dilakukan
untuk mempertajam hati nuraninya
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Jelaskan pengertian hati nurani sebagai
dorongan dari Allah yang mengatakan “Lakukanlah ini” dan”“Jangan lakukan
itu”, buahnya, “melakukan ini” dan”“tidak melakukan itu” !
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
Hidup murni
|
Menjelaskan bahwa hidup murni
merupakan kehendak Allah
|
·
Mengungkapkan tindakan-tindakan untuk
menjaga kemurnian tubuhnya
·
Menceritakan bahwa Allah menciptakan
laki-laki dan perempuan sebagai citranya dan menghendaki supaya hidup sesuai
dengan citraNya
·
Menyebutkan contoh-contoh perbuatan yang
menceriminkan dirinya sebagai citra Allah
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan contoh-contoh perbuatan yang
menceriminkan dirinya sebagai citra Allah!
|
9x35
menit
3
x pertemuan
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
|
|
|
|
Doa sebagai ungkapan iman, harapan dan
kasih
|
Memahami makna doa
|
·
Menceritakan pengalaman ketika berdoa dan
maksud doanya
·
Menjelaskan bahwa Yesus memberi teladan
kepada manusia untuk berdoa dengan penuh iman, harapan dan kasih
·
Membuat doa sebagai ungkapan iman,
harapan dan kasih
|
Tes tertulis Tes lisan
|
Tes pilihan : pilihan ganda,
benar-salah, menjodoh-kan dll.
Tes isian, isian singkat dan uraian
Daftar pertanyaan
|
|
|
Alkitab.
Guru dan peserta didik.
Buku KTSP : Pendidi-kan
Agama Katolik "
|
Mengetahui Pasaran I,
Kepala
SD N 10 Pasaran I Guru Agama Katholik
KOSMEN SIMARMATA, S.Pd TIORISMA SINAGA, S.Ag
NIP.
195902011979091001 NIP. 198802102011012011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar