CORETAN INFORMASI ADI SUYAHMAN NAINGGOLAN

Jumat, 19 Oktober 2012

RPP AGAMA KATOLIK SD KELAS 6

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R P P  )
 
SEKOLAH                         :     SD Negeri No. 10 Pasaran I
Mata Pelajaran                   :     Agama Katolik
Kelas / Semester                  :     VI / 2
Standar Kompetensi          :     1.         Yesus Kristus dan Gereja
                                                               Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidu-pan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkan-nya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia
Kompetensi Dasar              :     2.1       Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya untuk menyelamatkan  umat manusia melalui para nabi
Indikator Pencapaian Kompetensi :     
§  Menceritakan kembali kisah tentang perbuatan seseorang atau sekolompok orang yang melakukan perbuatan yang kelihatannya enak tetapi menyesatkan dan merugikan dirinya sendiri dan orang lain
§  Menjelaskan cara-cara Nabi Elia mengingatkan dan meyakinkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah (1 Raja 18: 20 - 46)
§  Menceritakan kembali kisah kehidupan seorang ibu yang baik selalu berdoa bagi keselamatan anaknya yang sering menyakiti hatinya
§  Menyebutkan nubuat nabi Yesaya yang menyatakan bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya dan akan mengirim Juru Selamat (Yes 10: 24-27a; 11: 1-10; 40: 1-5, 8 - 13)
§  Mengungkapkan pendapat tentang akibat keserakahan yang dilakukan oleh sementara orang di keluarga, atau masyarakat sekitarnya
§  Menyebutkan situasi masyarakat pada jaman Nabi Amos (Am 1-6) 
§  Menjelaskan tugas-tugas Nabi Amos, yang adalah memberi peringatan kepada bangsa Israel dan menyampaikan janji keselamatan dari Allah (Am 1-6)
Jenis Test                            :     Terstruktur
Aspek / Skill                        :     Efektif psikomotorik
Alokasi Waktu                    :     2  X  pertemuan  (  4  X  35  )
A.            Tujuan Pembelajaran.
Pertemuan    1
Pada akhir pelajaran siswa dapat  :
§  Berlatih mengucapkan doa yang disusun oleh guru yang berisi ucapan
§  Menjelaskan pesan Nabi Elia, dalam sejarah keselamatan
§  Membiasakan diri senang berdoa.
Pertemuan    2
        Pada akhir pelajaran siswa dapat  :
§  Menjelaskan peran nabi  Yesaya dalam sejarah keselamatan
§  Menjelaskan peran nabi Amos dalam sejarah keselamatan

Nilai Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif  : 
§  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
§  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

B.           Materi Pembelajaran.
Pertemuan    1.
§  Nabi Elia
§  Nabi Yesaya
Pertemuan    2.
§  Nabi Amos

C.          Metode / Tehnik.
§  Demonstrasi
§  Ceramah

D.          Langkah-langkah kegiatan  :
Kegiatan awal  :
§  Berdoa, apersepsi  :  kisah kehidupan seorang ibu yang baik selalu berdoa bagi keselamatan anaknya yang sering menyakiti hatinya
§  Penjelasan tentang pesan Nabi Elia, dalam sejarah keselamatan
Kegiatan inti  :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Penjelasan tentang peran nabi  Yesaya dalam sejarah keselamatan (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
§  Penjelasan tentang peran nabi Amos dalam sejarah keselamatan (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
§  Menirukan sikap doa yang benar. (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
§  bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
Kegiatan Akhir  :
§  Intisari mengenai  keanekaragaman suku, agama, budaya, dan bahasa dapat bersatu dalam negara Indonesia merupakan anugerah Tuhan (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
§  Memuji Tuhan (  kawan-kawan ingatlah untuk berdoa  ) (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)
§  Berdoa  (  penutup  )  (nilai yang ditanamkan: Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/  komunikatif)  

E.           Sumber Belajar  :
§  Mzm 67: 1-8, Mzm 8: 1-10)
§  Guru dan peserta didik.
§  Buku KTSP

F.           Penilaian.
RANAH  PENILAIAN
1)      Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Aspek kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir termasuk di dalamnya kemampuan memahami, menghafal, mengaplikasi, menganalisis, mensistesis dan kemampuan mengevaluasi
-      Ranah kognitif berhubungan erat dengan kemampuan berfikir, termasuk di dalamnya kemampuan menghafal, rnemahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis dan kemampuan mengevaluasi
-      Cakupan yang diukur dalam ranah Kognitif adalah: Ingatan (C1), Pemahaman (C2), Penerapan (C3), Analisis (C4), Sintesis (C5), dan Evaluasi (C6).

2)      Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu: (1) receiving (2) responding (3) valuing (4) organization (5) characterization by evalue or calue complex.
-      Ciri ranah penilaian afektif yaitu pemikiran atau perilaku harus memiliki dua kriteria untuk diklasifikasikan sebagai ranah afektif (Andersen, 1981:4). Pertama, perilaku melibatkan perasaan dan emosi seseorang. Kedua, perilaku harus tipikal perilaku seseorang. Kriteria lain yang termasuk ranah afektif adalah intensitas, arah, dan target. Intensitas menyatakan derajat atau kekuatan dari perasaan. Beberapa perasaan lebih kuat dari yang lain, misalnya cinta lebih kuat dari senang atau suka. Sebagian orang kemungkinan memiliki perasaan yang lebih kuat dibanding yang lain. Arah perasaan berkaitan dengan orientasi positif atau negatif dari perasaan yang menunjukkan apakah perasaan itu baik atau buruk. Misalnya senang pada pelajaran dimaknai positif, sedang kecemasan dimaknai negatif. Bila intensitas dan arah perasaan ditinjau bersama-sama, maka karakteristik afektif berada dalam suatu skala yang kontinum. Target mengacu pada objek, aktivitas, atau ide sebagai arah dari perasaan.
-      Ranah afektif tidak dapat diukur seperti halnya ranah kognitif, karena dalam ranah afektif kemampuan yang diukur adalah: Menerima (memperhatikan), Merespon, Menghargai, Mengorganisasi.

3)      Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Hasil belajar ranah psikomotor dikemukakan oleh Simpson (1956) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor ini tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu.
-      Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui: (1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, (2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya. Dalam ranah psikomotorik yang diukur meliputi (1) gerak refleks, (2) gerak dasar fundamen, (3) keterampilan  perseptual; diskriminasi kinestetik, diskriminasi visual, diskriminasi auditoris, diskriminasi taktis, keterampilan perseptual yang terkoordinasi, (4) keterampilan fisik, (5) gerakan terampil, (6) komunikasi non diskusi (tanpa bahasa-melalui gerakan) meliputi: gerakan ekspresif, gerakan interprestatif



Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menceritakan kembali kisah tentang perbuatan seseorang atau sekolompok orang yang melakukan perbuatan yang kelihatannya enak tetapi menyesatkan dan merugikan dirinya sendiri dan orang lain
§  Menjelaskan cara-cara Nabi Elia mengingatkan dan meyakinkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah (1 Raja 18: 20 - 46)
§  Menceritakan kembali kisah kehidupan seorang ibu yang baik selalu berdoa bagi keselamatan anaknya yang sering menyakiti hatinya
§  Menyebutkan nubuat nabi Yesaya yang menyatakan bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya dan akan mengirim Juru Selamat (Yes 10: 24-27a; 11: 1-10; 40: 1-5, 8 - 13)
§  Mengungkapkan pendapat tentang akibat keserakahan yang dilakukan oleh sementara orang di keluarga, atau masyarakat sekitarnya
§  Menyebutkan situasi masyarakat pada jaman Nabi Amos (Am 1-6) 
§  Menjelaskan tugas-tugas Nabi Amos, yang adalah memberi peringatan kepada bangsa Israel dan menyampaikan janji keselamatan dari Allah (Am 1-6)
§  Lisan
§  Unjuk kerja
§  Perilaku

§  Pertannyaan,lisan, Isian dan kreatifi-tas
§  Sebutkan cara-cara Nabi Elia mengingatkan dan meyakinkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah !
§  Sebutkan nubuat nabi Yesaya yang menyatakan bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya dan akan mengirim Juru Selamat !
§  Jelaskan situasi masyarakat pada jaman Nabi Amos !
§  Jelaskan tugas-tugas Nabi Amos, yang adalah memberi peringatan kepada bangsa Israel dan menyampaikan janji keselamatan dari Allah !



Mengetahui                                                                  Pasaran I,
Kepala SD N 10 Pasaran I                                           Guru Agama Katholik
           



KOSMEN SIMARMATA                                       TIORISMA SINAGA, S.Ag
NIP. 123456789123456789                                        NIP. 198802102011012000

1 komentar:

  1. Maaf ya mas bukannya mengenai nabi2 itu ada pada semester 1?

    BalasHapus